Cara ini Bisa Memaksimalkan Ruang Gudang Yang Sempit

Masalah utama dalam industri logistik dan pergudangan di Indonesia adalah kurangnya ruang penyimpanan yang memadai. 

Harga properti komersial yang terus meningkat baik untuk pembelian maupun penyewaan, menyebabkan perusahaan harus berpikir logis dengan mencari solusi alternatif untuk meningkatkan ruang penyimpanan yang tersedia.

Meningkatnya pertumbuhan belanja online ( e-commerce ) di Indonesia sebagai metode pembelanjaan yang mendukung gaya hidup modern,  juga berkontribusi pada kurangnya ruang penyimpanan yang tersedia karena perusahaan perlu melakukan pemesanan massal  (dalam jumlah besar) untuk barang-barang cepat laku yang perputarannya cepat, untuk memenuhi permintaan konsumen.

Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk memaksimalkan ruang penyimpanan di gudang, antara lain yaitu :

  1. Menggunakan Forklift Dengan Body Kecil

Cara pertama adalah penggunaan forklift berbadan kecil. Saat ini telah tersedia forklift dengan body kecil yang cocok untuk industri kecil menengah dengan ruang penyimpanan yang terbatas. Karena desain yang sedemikian rupa, forklift ini mampu memutar 180 derajat penuh untuk memindahkan material dari rak sementara bodi dan counter-balance forklift tetap diam.

Kemampuan forklift yang memungkinkan untuk bergerak bebas tanpa memerlukan ruang yang lebar berarti bahwa jarak antar rak gudang tidak perlu ditempatkan terlalu lebar untuk mengakomodasi forklift yang lebih besar. Karena kemampuan forklift untuk beroperasi di lorong rak yang lebih kecil, memungkinkan perusahaan dapat memasukkan lebih banyak rak ke dalam gudang mereka dan menawarkan ruang ekstra untuk penyimpanan barang / material.

Di pasaran, terdapat jenis forklift dengan kemampuan ini, antara lain : Forklift yang bebahan bakar Elpiji/Gas, dengan kapasitas maksimum 2.000kg atau 2 ton, dengan ketinggian angkat maksimum mulai dari 9 meter hingga 12 meter.

2.  Penggunaan Stacker / Reach Truck

Untuk gudang dengan berat barang atau material yang kurang dari 1 ton (1.000kg) bisa menggunakan stacker ataupun Reach Truck, yaitu semacam forklift yang digerakkan dengan listrik /elektrik.

Operator Reach Truck sedang mengangkat barang

Stacker atau Reach Truck ini berpenggerak listrik yang didapat dari aki atau baterai yang bisa diisi ulang (Rechargeable). Keuntungan menggunakan alat ini, operator bisa berdiri secara nyaman dengan tetap dapat melihat dengan jelas posisi alat saat mengangkat dan menurunkan barang. Kondisi ini dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari kerja operator.

Kami berharap artikel ini bermanfaat menunjukkan kepada Anda beberapa peralatan penanganan khusus  untuk gudang yang terbatas, sehingga dapat memaksimalkan  ruang penyimpanan dan meningkatkan kondisi kerja operator, tanpa mengorbankan keselamatan dan produktivitas tenaga kerja.

Untuk konsultasi mengenai rak gudang dan manajemen gudang, Anda dapat menghubungi PT. Tangguh Adi Perkasa yang berlokasi di Bekasi – Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Silahkan WA kami
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by