Tips Sederhana Cegah Kerusakan Rak Gudang

Pekerja di sebuah gudang (foto:freepick.com)

Rak-rak pada sebuah gudang, bila tidak tepat struktur rangka, penataan dan perawatannya, dapat mengakibatkan kecelakaan yang fatal pada pekerja yang bekerja di dalamnya.

Perusahaan  diharuskan untuk memastikan struktur rak dipasang, digunakan, dan dipertahankan dengan aman dan benar dan inilah mengapa prosedur keselamatan rak gudang harus menjadi bagian penting dari Sistem keselamatan dan kesehatan kerja.

Dibawah ini adalah beberapa tips yang dapat diterapkan suatu perusahaan untuk mencegah terjadinya kerusakan dan kecelakaan pada rak-rak gudang :

  • Pastikan Jenis Mesin yang digunakan untuk proses angkat-angkut barang.

Perusahaan diawal harus menentukan akan menggunakan mesin angkat-angkut (forklift), apakah itu jenis forklift bermesin ataukah menggunakan forklift elektrik. Penentuan forklift ini penting untuk menentukan jarak ruang antar rak sehingga didapatkan efisiensi penataan barang-barang yang pada gilirannya dapat meningkatkan produktifitas kerja.

  • Operator forklift harus berkualifikasi.

Operator forklift harus memiliki SIO (Surat Ijin Operasi) dan juga SIM (Surat Ijin Mengemudi). Sebelum awal bekerja sebagai operator, diharuskan mengikuti safety induction, sehingga paham akan sistem keselamatan dan kesehatan kerja di area gudang.

  • Memastikan Lorong Antar Rak Aman.

Perusahaan harus bisa memastikan jarak yang aman antar rak gudang (lorong) sehingga cukup untuk dilewati oleh forklift dan pekerja yang berjalan kaki.

  • Pasang Pelindung Kolom Kaki –Kaki Rak

Ada kalanya forklift menabrak kaki-kaki rak gudang. Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah seperti rubuhnya rak gudang, maka perlu dipasang penguat kolom yang kokoh pada kaki-kaki rak gudang tersebut.

  • Pastikan Kaki Rak Terpancang Kuat Pada Lantai.

Sebelum menggunakan rak di gudang, harus dipastikan bahwa struktur rak diamankan dengan baik ke lantai dasar dan setiap balok struktur diamankan dengan kuat satu sama lain.

  • Pastikan Alas Rangka Rak Rata dan Kuat.

Sebelum menumpuk palet ke atas rak gudang, penting untuk memastikan rak dalam kondisi baik / kokoh. Jika rak sudah rusak atau rusak, hal itu dapat menimbulkan masalah. Terlalu banyak tekanan yang diterapkan pada bagian dalam rangka atau berat yang tidak seimbang pada alas rak, dapat membuat permukaan alas rak menjadi tidak rata.

  • Tidak Menumpuk Barang Melebihi Kapasitas Kekuatan Rak Gudang.

Ketika menumpuk palet dan memuat ke dalam struktur rak gudang, harus dipastikan palet tidak melebihi kapasitas berat maksimum sistem rak gudang. Barang-barang atau material juga harus ditempatkan dengan hati-hati pada balok rangka rak secara seimbang dan merata; dan memastikan bahwa itu aman dan tersebar merata untuk mencegah benda jatuh.

  • Segera Perbaiki Rangka Rak Yang Rusak Agar Tidak Menyebar.

Jika ada bagian dari struktur rak dalam tabrakan, penting untuk mengidentifikasi bagian yang rusak sehingga tindakan pencegahan dapat dilakukan untuk memperbaiki atau menyingkirkan benda yang tidak aman untuk mencegah kemungkinan cedera pekerja atau runtuhnya rak.

  • Segera Laporkan Bila Ada Kerusakan Pada Rangka Rak Gudang.

Jika ada kerusakan pada struktur rak; memastikan bahwa kerusakan dilaporkan dan semua karyawan telah diberikan peringatan, karena ini merupakan persyaratan keselamatan kerja.

Untuk konsultasi mengenai rak gudang dan manajemen gudang, dapat menghubungi PT Tangguh Adi Perkasa TAP Bekasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Silahkan WA kami
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by