Keunggulan Powder Coating Pada Pelapisan Bahan

Coating adalah proses pelapisan suatu obyek dengan menggunakan bahan tertentu. Proses coating/pelapisan adalah bertujuan melindungi obyek tersebut dari pengaruh luar, seperti karat,gesekan atau benturan. Coating sering disebut juga sebagai proses finishing.

Keunggulan Powder Coating Pada Pelapisan Bahan

Ada beberapa proses coating yang umum dikenal, antara lain : Liquid Coating dan Powder Coating.

Liquid Coating umumnya menggunakan cairan seperti cat. Teknik ini adalah yang paling sederhana dan mudah diterapkan, hanya saja memiliki kelemahan yaitu tidak menyatunya bahan coating dengan obyeknya, sehingga menyebabkan mudah terkelupas karena pengaruh luar. Sedangkan proses kedua adalah Powder Coating. Teknik Powder Coating atau pengecatan kering ini pertama kali digunakan di Australia pada 1967. Powder coating adalah proses finishing kering. Yang terdiri dari partikel-partikel yang dihaluskan, seperti resin, pigmen, dan bahan baku lainnya yang diberikan muatan elektrostatis dan disemprotkan ke objek yang akan dilapisi atau di cat. Objek benda yang akan di proses dengan Powder Coating ini terlebih dahulu di bersihkan dari segala bentuk kotoran termasuk minyak dan debu dengan tujuan untuk mengurangi kegagalan dalam proses coating (pelapisan).
Terdapat 2 teknik pengecatan kering:
1. Pencelupan > Benda yang akan di lapisi di celupkan kedalam bak yang berisi powder coating yang telah diberi muatan elektrostatik.
2. Penyemprotan > Powder coating yang telah diberi muatan elektostatik di semprotkan kepada objek yang akan dilapisi. Setelah benda melalui salah satu proses tersebut diatas kemudian benda yang telah terlapisi powder coating dimasukan kedalam oven, tujuannya untuk melelehkan dan menyatukan partikel bubuk sehingga membentuk lapisan-lapisan yang halus yang melapisi objek atau benda kerja.
Terdapat 2 jenis powder coating yang tersedia untuk melapisi permukaan suatu benda kerja:

1. Thermo Plastik > Material bubuk ini akan mengalami pencairan jika benda kerja mendapat perlakuan panas,
2. Thermosetting > Merupakan bahan yang kuat dan tidak akan mencair kembali walaupun benda kerja mendapat perlakuan panas.
Selama proses pengovenan reaksi kimia silang akan terjadi karena dipicu oleh temperatur oven dan oleh karena reaksi kimia itulah yang memberikan banyak sifat unggul pada pelapisan atau pengecetan dengan menggunakan pengecatan metode kering (powder coating). Pengecatan atau pelapisan dengan menggunakan metode pengecatan kering ini sering di gunakan/ diaplikasikan pada benda yang terbuat dari aluminium atau besi. Mengapa aluminium? Bahan yang terbuat dari aluminium sangat sulit untuk dilapisi terutama dengan menggunakan cat basah.

Proses Pengecatan Powder Coating memiliki 3 tahapan, yaitu :

  1. Tahap Persiapan Pre-Treatment

Tahap Persiapan Pre-Treatment
Proses ini bertujuan membersihkan permukaan obyek sehingga mudah dilekati oleh cat powder coating. Tahap persiapan melibatkan pencucian bahan yang akan diaplikasikan powder coating. Beberapa metode persiapan melibatkan proses kimiawi dan juga mekanik. Proses kimiawi meilbatkan substansi seperti phosphate dan chromate. Phospate berfungsi melapisi permukaan seperti besi sehingga tahan terhadap korosi dan karat.

Perkasa Racking-proses coating 3

Proses Pembersihan Bahan Dari Kotoran

2. Tahap Applikasi Powder Coating.

Pada proses ini, pada umumnya menggunakan sebuah spray gun yang bersifat menghidupkan medan magnet pada bubuk cat sehingga dapat menempel dengan sempurna. Cara penyemprotan pada umumnya sama dan juga membutuhkan kualitas tekanan angin yang baik. Kualitas tekanan angin yang baik menghasilkan angin yang bersifat bersih dan kering karena angin yang baik akan mempengaruhi kualitas pengecatan dan umur daripada spray gun tersebut.

Perkasa Racking-proses coating 6

Proses Penyemprotan Powder Coating

3. Tahap Pengeringan.
Pada tahap pengeringan ini, dibutuhkan temperatur sebesar 200 derajat celcius selama 10 menit agar cat powder coating dapat mengering dan menempel kuat pada bahan.. Pada umumnya tahap pengeringan menggunakan oven yang dilengkapi dengan thermostat sehingga pengguanaan energi dapat dihemat dan juga suhu ruangan oven dapat terjaga sebesar 200 derajat.

powder-coating-oven

Proses Pengeringan dengan Oven

Bahan yang telah terlapisi cat serbuk/bubuk dengan sempurna akan langsung kering seketika dan siap untuk dipergunakan.

Perkasa Racking-proses coating 11

Bahan Hasil Proses Powder Coating Siap Digunakan

CV TAP (Perkasa Racking) menerapkan proses Powder Coating pada  material yang digunakan pada produksi Rak Gudang – Rak Pallet. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi kami di WA 0822 1020 3909.

 

Incoming search terms:

  • keunggulan powder coating

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *