Potensi Bahaya Bekerja di Area Gudang

potensi-bahaya-di-gudang
Illustrasi Pekerja Tertimpa Barang ( Sumber Foto : Freepik.com)

Gudang (warehouse) adalah merupakan bagian penting dari sebuah perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak di consumer good dan supplier material. Karena di dalam gudang tersimpan asset dari perusahaan yang berupa bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi, bahkan juga material kimia yang berbahaya. Kegiatan rutin di dalam sebuah gudang yang padat aktivitas keluar masuk barang mempunyai potensi bahaya terhadap pekerja yang bekerja di area gudang. Apa sajakah potensi bahaya tersebut?

  • Tertabrak Forklift

Pada sebuah gudang yang mengoperasikan forklift untuk kegiatan angkat-angkut nya, berpotensi terjadinya tabrakan antara sesama forklift maupun dengan pekerja yang berjalan atau berada di area gudang. Oleh karenanya diperlukan pengaturan lalu lintas yang rapi di dalam area gudang sehingga memperkecil potensi terjadinya tabrakan atau kecelakaan. Demikian pula dengan operator Mesin Forklift, harus mempunyai SIO (Surat Ijin Operasi) dan SIM (Surat Ijin Mengemudi) dan mengikuti pelatihan pengoperasian Mesin Forklift sebelum memulai pekerjaannya.

  • Tertimpa Material / Barang

Pekerja berpotensi tertimpa material atau barang yang jatuh dari rak. Pengaturan tata letak material/barang di atas rak gudang sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya peristiwa kecelakaan jenis ini (baca :Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menyusun Pallet di Gudang).

  • Terkilir / Keseleo

Pekerja di area gudang berpotensi terkilir / keseleo terutama saat mengangkat atau membawa barang dalam proses angkat-angkut. Oleh karenanya diperlukan manual lifting dan handling yang benar. Pelatihan lifting-Handling perlu diberikan sebelum pekerja memulai pekerjaan. Dan ada kalanya diperlukan penyegaran pelatihan secara berkala dalam jangka waktu tertentu.

  • Terpeleset

Ada kalanya pekerja berpotensi terpeleset saat bekerja di area gudang. Penyebabnya antara lain dikarenakan ada tumpahan (spil over) material cair seperti air, atau juga tumpahan oli dari mesin forklift yang beroperasi di area gudang. Oleh karena itu diperlukan prosedur Housekeeping (Kebersihan) yang rutin dilakukan setiap hari.

  • Jatuh Tersandung

Peletakan material atau barang, baik itu bahan baku maupun barang setengah jadi dan jadi yang tidak pada tempatnya, berpotensi mengakibatkan pekerja jatuh tersandung / tersungkur. Kejadian ini tidak boleh diremehkan, kadangkala bisa berakibat fatal terutama saat pekerja dalam kondisi lemah / kurang sehat staminanya.

  • Keracunan

Pekerja berpotensi keracunan, terutama disebabkan oleh adanya bahan baku atau material kimia yang bocor atau tumpah sehingga uapnya terhirup oleh pekerja tersebut. Pengaturan tata letak material (Manual)  dan juga MSDS (Material Safety Data Sheet) perlu dipasang di dekat tempat penyimpanan material kimia tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Silahkan WA kami
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by